Tips Travelling Murah : Cara Mendapatkan Penginapan Murah

cara mendapatkan penginapan gratis / murah

Penginapan Murah selama Travelling tersedia di seluruh belahan dunia, bahkan beberapa di antaranya gratis, sehingga anda tidak perlu bayar mahal untuk hotel, apalagi buat yang ingin travelling hemat atau backpack. Simak tips untuk mendapatkan penginapan murah bahkan dapat tidur gratis berikut.

Salah satu mitos travelling yang paling sering kita dengar adalah bahwa travelling itu mahal, travelling itu mainannya orang kaya, harus menghabiskan banyak uang untuk melihat dunia. Bisa jadi benar, namun tidak selamanya benar. Banyak sih opsi travelling dengan biaya seminimal mungkin, namun tetap bisa keliling dunia, terutama ketika anda berhemat untuk hotel atau yang penting bisa tidur.

Hotel berbintang akan lebih mahal karena banyaknya biaya untuk pelayanan, fasilitas, pemeliharaan, dan biaya untuk iklan. Untuk travelling hemat, tentunya banyak opsi tersedia untuk merem selain hotel berbintang. Temukan berbagai tips penginapan murah di bawah.

Travelling hanya mahal ketika anda memilih gaya yang mahal.

Asrama / Hostel untuk Backpacker

tips penginapan murah hostel backpacker

Biaya : Rp 50.000 – 250.000 / malam

Hostel untuk para backpacker ini adalah salah satu opsi populer untuk wisatawan / turis dengan budget minim. Di sini, anda harus membagi ruangan dan kamar mandi dengan tamu lainnya, dimana rata-rata 1 kamar dapat bervariasi 4-10 orang tergantung tempat yang disediakannya. Biasanya kasurnya juga berbentuk kasur susun bertingkat. Umumnya hostel dilengkapi dengan loker pribadi untuk mengamankan barang bawaan anda. Hostel biasanya juga menyediakan sarapan dasar seperti snack / roti / cereal.

Selain hemat, keuntungan lainnya dari menginap di hostel adalah anda dapat berinteraksi dengan tamu-tamu sesama wisatawan lainnya. Pada umumnya, hostel akan menyediakan ruang tamu mini untuk memfasilitasi interaksi antar sesama tamunya.

Tips menginap di asrama backpacker / hostel selama travelling :

  • Hindari hostel yang tidak menyediakan loker pribadi karena anda tidak dapat menyimpang barang-barang anda.
  • Earphone dan masker penutup mata dapat membantu anda untuk tidur, menghindarkan anda dari suara dan lampu ketika yang lain masih terjaga.
  • Untuk menemukan hostel yang cocok, anda dapat mencoba situs berikut : hostelbookers dan Booking.com
Guest House / Hotel Budget

tips penginapan murah budget hotel

Biaya : Rp 150 ribu – Rp 600 ribu / malam

Sebuah guesthouse / hotel budget menyediakan ruangan yang simple dan sangat terjangkau tanpa layanan dan fasilitas layaknya hotel berbintang. Dibandingkan hostel / asrama, di guesthouse anda mempunyai privasi dengan kamar pribadi tanpa berbagi dengan tamu lainnya. Harganya juga tentu lebih mahal daripada hostel. Beberapa guesthouse menyediakan dapur umum dan sarapan dasar, namun sebagian tidak menyediakannya.  Kualitas guesthouse sangat bervariasi antara satu tempat dengan tempat lainnya.

Tips menginap di Guesthouse selama travelling :

  • Cek dahulu kondisi kamar yang ditawarkan
  • Pastikan pintu dan jendela dapat dikunci
  • Rekomendasi situs untuk mencari guesthouse : Booking.com
Apartemen Jangka Pendek

tips penginapan murah apartemen

Biaya : Rp 100 ribu – 600 ribu  / malam

Seseorang yang mempunyai kamar berlebih dan tidak dipakai bisa saja disewakan kepada wisatawan baik harian, mingguan, maupun bulanan. Apartemen biasanya dilengkapi dengan perabotan dan dapur, dengan harga yang hampir sama dengan guesthouse. Salah satu keuntungan tinggal di apartemen adalah akan merasa seperti rumah. Di beberapa tempat, 1 ruangan apartemen lebih mahal daripada guesthouse, tetapi jika anda bagi dengan teman-teman anda (bukan solo traveller), jatuhnya bisa sama atau lebih murah.

Tips menginap di Apartemen selama travelling :

  • Pilihlah tempat yang mempunyai review bagus dari penyewa sebelumnya.
  • Cari tahu terlebih dahulu lokasi dan transportasi yang dekat dengan apartemen tersebut.
  • Rekomendasi situs untuk mencari apartemen : Airbnb.com
  • Jika anda berencana untuk tinggal sebulan atau lebih lama, iklan lokal dapat menjadi alternatif penawaran yang lebih baik.
Rumah Penduduk Lokal

tips penginapan murah local homestay

Biaya : Rp 100 ribu – 600 ribu / malam

Jika anda tertarik untuk belajar lebih banyak mengenai kebudayaan suatu tempat tertentu ketika berpergian ke negara tersebut, rumah penduduk lokal dapat menjadi opsi yang baik. Beberapa keluarga menyewakan kamar tidur di rumahnya untuk pendapatan tambahan dan bertemu dengan orang-orang baru untuk saling bertukar kebudayaan. Biasanya mereka juga menyediakan sarapan dan mungkin saja makan malam.

Rumah penduduk lokal ini sebelumnya dijadikan opsi bagi lembaga pendidikan untuk program tukar pelajar, namun saat ini banyak yang terbuka untuk para wisatawan. Anda tidak harus mengerti bahasa mereka untuk bisa tinggal di tempat mereka. Menantang sih ya, namun bisa menjadi pengalaman travelling yang berkesan juga.

Tips menginap di rumah penduduk lokal (Local Homestay):

  • Jika terjadi keterbatasan bahasa, anda dapat berkomunikasi dengan bahasa tubuh atau menggambar.
  • Cek terlebih dulu apakah mereka menawarkan makanan (sarapan / makan  malam)
  • Berpikirlah lebih terbuka dan mau belajar dari host / penduduk lokal tersebut
  • Untuk menemukan opsi homestay / rumah penduduk lokal di negara tertentu, carilah di Google dengan mengetikkan ‘Homestay’ dilanjutkan nama negara yang akan dituju, karena negara yang berbeda mempunyai website masing-masing.
Menjadi Relawan / Pertukaran Kerja

tips penginapan murah dengan menjadi relawan

Biaya : Rp 0 – Rp 300 ribu / malam

Daripada membayar untuk penginapan anda, mengapa tidak bekerja untuknya? Banyak sekali peluang kerja yang ditawarkan kepada relawan di seluruh dunia untuk ditukarkan dengan penginapan gratis. Beberapa contohnya yaitu di ladang, sekolah, tempat penampungan, peternakan, asrama, dan sebagainya.

Pertukaran kerja juga mengajar hal-hal serta ketrampilan yang baru, memberikan wawasan kepada kebudayaan asing, dan sekaligus berbuat kebajikan pada saat travelling. Tentunya juga membantu anda menghemat uang pada saat bersamaan.

Tips pertukaran kerja :

  • Cek berapa jam kerja yang dibutuhkan dan apakah disediakan makanan juga
  • Beberapa organisasi membebankan sedikit biaya kepada anda
  • Untuk menemukan peluang menjadi relawan di negara lain, cek situs berikut : WWOOF, Workaway, dan HelpX
Camping / Berkemah

tips penginapan murah camping

Biaya : Rp 0 – 150 ribu / malam

Jika anda benar-benar mau dekat dengan alam ketika traveling, camping dapat menjadi salah satu ide yang pas. Sebagian besar tempat untuk camping gratis, kecuali di beberapa destinasi turis populer yang membebankan biaya.

Dengan sebuah tenda atau tempat tidur gantung untuk berkemah, anda dapat berpergian kemanapun dan tetap mempunyai tempat untuk tidur, sehingga anda dapat merasakan berbagai pengalaman di area yang jauh yang mungkin dihindari wisatawan lainnya karena tidak adanya hotel / tempat penginapan.

Tips Camping / berkemah : 

  • Hindari berkemah pada tempat yang telah ditandain sebagai properti pribadi
  • Pastikan ada sumber air di dekatnya
  • Jaga lingkungan dan jangan buang sampah sembarangan
House Sitting / Penjaga Rumah

tips penginapan murah house sitting

Biaya : Rp 0 (Gratis)

Pemilik rumah di seluruh dunia memerlukan seseorang untuk menjaga rumahnya ketika mereka sedang berlibur atau kerja. Anda mungkin dapat menjadi salah satunya. Menjadi penjaga rumah memungkinkan anda untuk tinggal dengan nyaman selama beberapa minggu atau bulan di tempat seseorang.

Kadang-kadang, ada binatang peliharaan yang harus diberi makan, menyirami tanaman, dan tugas-tugas lainnya. Namun di saat bersamaan, anda dapat tinggal layaknya seperti di rumah sendiri secara gratis.

Tips menginap sebagai Penjaga Rumah :

  • Anda harus mempunyai referensi yang baik, mungkin saja menjadi penjaga rumah teman terlebih dahulu
  • Pastikan tanggung jawab anda tertulis dan disetujui bersama
  • Situs yang berguna untuk mencari peluang pekerjaan penjaga rumah ini : Trustedhousesitters
Couchsurfing

tips penginapan gratis couchsurfing

Biaya : Rp 0 (Gratis)

Sebagian orang menawarkan tempat di rumahnya kepada wisatawan secara gratis. Mungkin saja mereka mempunyai ruang berlebih atau mungkin hanya sebuah sofa untuk anda bermalam.  Mengapa mereka melakukannya? Untuk bertemu dengan orang-orang baru yang menarik dan berbagi kebudayaan masing-masing, atau menemukan partner yang cocok untuk berpetualang. Pada situs couchsurfing.org, keduanya baik host maupun wisatawan dapat menulis review dan kesan masing-masing.

Tips Couchsurfing :

  • Sediakain ribuan informasi mengenai diri anda untuk mendapatkan kepercayaan.
  • Kirim request couchsurfing yang ditulis secara pribadi.
  • Sediakan waktu untuk mengobrol dengan calon host anda.
  • Gabunglah dengan couchsurfing lokal untuk membangun referensi anda
  • Situs lainnya untuk komunitas couchsurfing : hospitalityclub dan warmshowers.
Transportasi Malam Jarak Jauh

tips penginapan murah tidur di pesawat

Biaya : Harga tiket transportasi

Cara gemilang untuk menghemat biaya penginapan pada saat travelling adalah berangkat pada malam harinya dengan bus / pesawat / kereta / kapal. Mungkin sebagian orang tidak dapat tidur dengan cara ini, namun jika anda telah terlatih untuk tidur di alat transportasi umum dan bangun dengan segar, cara ini cukup menghemat baik uang maupun waktu anda selama travelling (jika hendak pindah dari 1 tempat ke tempat lainnya).

Tips untuk tidur dalam perjalanan malam hari :

  • Pilihlah tempat duduk dengan ruang kaki yang lebih lapang.
  • Bawa earphone, masker penutup mata, air minum, dan selimut / sarung yang hangat
  • Amankan barang bawaan anda
  • Bertemanlah dengan orang di samping anda, sehingga mereka akan membangunkanmu sebelum bus berhenti.
Tidur di Tempat Umum

tidur di airport

Biaya : Rp 0

Untuk penerbangan atau perjalanan darat yang sangat pagi, mungkin anda dapat mencoba untuk tidur di airport / terminal / stasiun jika tidak ingin membayar hotel. Terminal transportasi umum mempunyai kamar mandi, tempat makan, dan biasanya selalu buka sepanjang malam, bahkan sebagian besar mempunyai wifi gratis.

Tips tidur di tempat umum :

  • Carilah tempat yang cukup jauh dari lalu lintas orang yang padat
  • Bawa earphone, masker penutup mata, air, dan sarung yang hangat
  • Jaga barang bawaan anda
  • Amankan posisi yang bagus sebelum orang lain mengambilnya

Nah, tidak perlu mahal untuk travelling dan menghabiskan jutaan di hotel bukan, terutama jika anda benar-benar ingin melihat dunia secara hemat. Seminggu di hotel akan menghabiskan Rp 7 juta, seminggu menginap di asrama mungkin hanya Rp 1.4 juta, dan seminggu menginap dengan cara couchsurfing bahkan Rp 0 alias gratis. Perbedaan besar hanya dengan penginapan murah bukan?

Travelling hanya mahal ketika anda memilih cara yang mahal, karena faktanya biaya travelling ke negara lain sebagian besar hanyalah biaya tiket pesawat. Sisanya adalah tergantung pada bagaimana anda merencanakannya. Semoga tips travelling murah ala backpacker dengan berhemat di penginapan / hotel dapat menjadi insipirasi anda untuk memulai petualangan mengelilingi dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *