Suka Duka dan Tips Travelling tanpa Tour

suka duka travelling

Siapa sih yang tidak suka jalan-jalan, berlibur, travelling ke berbagai negara yang berbeda. Bagaimana jika berlibur tanpa tour ke negeri asing yang belum pernah dikunjungi? Mungkin sebagian besar orang lebih memilih menggunakan jasa tour karena berbagai alasan. Apalagi jika tempat yang akan dituju masih asing, ditambah tidak fasih menggunakan bahasa tempat tujuan tersebut. Namun bagi anda jiwa petualang yang menghendaki travelling dengan biaya yang lebih murah dan lebih bebas, travelling tanpa tour pastinya menjadi opsi pilihan. Berikut sharing mengenai suka duka serta tips travelling tanpa tour jika berpergian ke destinasi-destinasi yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

Lebih enak travelling dengan tour atau tanpa tour? Apalagi ke berbagai destinasi yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya. Berikut perbandingannya :

Keuntungan dan kekurangan travelling dengan jasa tour :

(+) Lebih mudah, tidak usah ribet mengurusi berbagai macam itinerary, akomodasi, dan lainnya
(+) Ada panduan tour guide yang membuat kita merasa aman berlibur di berbagai destinasi asing
(+) Rekomendasi itinerary yang sudah teruji, sehingga kita cukup menikmati liburan kita dengan santai
(+) Mengenal teman-teman baru yang mengikuti paket tour yang sama
(+) Selain itinerary, biasanya hotel dan makanan juga lumayan, karena agen wisata pasti akan menjaga pamornya
(+) Tidak perlu capek menggunakan transportasi umum
(-) Pastinya lebih mahal karena agen wisata tentunya mengambil keuntungan
(-) Waktu tidak bebas, biasanya sudah ditentukan harus kumpul jam berapa
(-) Destinasi juga sudah ditentukan sehingga kita kurang bebas menjelajahi suatu tempat tertentu
(-) Kurang berkesan bagi orang yang berjiwa petualang karena kita hanya menikmati pemandangan yang diberikan saja
(-) Berpergian dengan orang-orang asing dalam satu rombongan kadang-kadang kurang cocok

Nah, kalau travelling tanpa jasa tour ya kebalikan dari yang di atas semua. Tentunya lebih murah dan lebih bebas, tapi pastinya harus effort lebih karena harus mencari tahu sendiri tempat-tempat yang akan dituju dan cara menuju ke destinasi tersebut. Sebenarnya tergantung tujuan travelling itu sendiri dan orang-orangnya. Kalau anda anak muda yang berjiwa petualang dan suka eksplorasi, tentunya akan memilih travelling sendiri tanpa tour. Sebaliknya, jika anda sangat sibuk dengan pekerjaan anda dan hanya ingin menghabiskan waktu bersantai tanpa pusing memikirkan berbagai macam hal, mungkin anda akan lebih memilih jasa tour. Liburan keluarga, company tour dan sebagainya juga tentu lebih memilih jasa agen wisata.

Khusus bagi anda yang gemar travelling dan eksplorasi, tentunya lebih memilih travelling tanpa tour karena lebih murah, bebas bereksplorasim dan tidak terikat pada waktu. Bayangkan harga untuk paket wisata tour yang  selisihnya lumayan jika travelling sendiri, apalagi menjelang peak season. Namun, mungkin anda ragu karena belum pernah mengunjungi tempat tersebut sebelumnya, apalagi jika kurang fasih dalam bahasa yang digunakan negara tujuan. Tetapi dengan persiapan yang baik, seharusnya tidak menjadi masalah dan malahan akan memberikan kesan petualangan yang menarik tersendiri.

travelling tanpa tour

Tips Travelling tanpa Tour :
  1. Booked tiket pesawat beberapa bulan sebelumnya. Ini berguna untuk mendapatkan tiket murah yang tentunya akan menghemat biaya anda. Jika sudah merencanakan sebuah perjalanan, maka anda dapat hunting tiket murah terutama jika ada travel fair dari berbagai maskapai.
  2. Persiapan sangat-sangat penting. Anda harus mencari tahu destinasi yang akan dituju, cara menuju kesana, transportasi umum di negara tersebut, dan menghubungkan semua itinerary menjadi satu urutan yang terpadu. Meskioun anda dapat menggunakan google maps nantinya, tetapi sangat dianjurkan anda menyusunnya terlebih dahulu agar waktu tidak terbuang sia-sia nantinya.
  3. Booking semua akomodasi anda terlebih dahulu, sesuaikan dengan budget, apakah akan menginap di hotel atau guest house. Airbnb.com menjadi alternatif yang bagus, khususnya jika rombongan anda minimal 4 orang ke atas dan lebih memilih apartemen. Bacalah review / ulasan dari akomodasi yang akan dibooking sebelumnya, baik itu hotel maupun apartemen. Anda bisa mendapatkan referensi dari Tripadvisor, ulasan di traveloka, booking.com, agoda, dan sebagainya.
  4. Jangan lupa juga untuk cek lokasi akomodasi anda. Sebaiknya pilihlah lokasi yang dekat dengan transportasi umum agar anda tidak menghabiskan banyak waktu dan juga sangat menghemat tenaga anda nantinya.
  5. Sangat dianjurkan ada orang dalam kelompok anda yang pandai membaca peta. Selain menggunakan google maps, transportasi umum di beberapa negara sangat kompleks, misalnya di Jepang. Aneka rute warna warni menghiasi peta subway tersebut sehingga harus ada orang yang bisa membaca peta dengan baik.
  6. Setidaknya anda harus memiliki sedikit kemampuan bahasa inggris yang merupakan bahasa internasional pertama. Selain itu, anda mungkin bisa mempelajari sedikit mengenai bahasa negara tujuan, terutama untuk kalimat-kalimat penting yang pasti terpakai. Tidak wajib, namun dianjurkan untuk setidaknya cukup tahu beberapa kalimat yang umumnya digunakan, sehingga tidak kesulitan berbahasa nantinya.
  7. Koneksi internet wajib! Siapkan wifi yang bisa dipakai di seluruh perjalanan anda, mungkin dengan menyewa local pocket wifi. Pastikan untuk bisa mendapatkan wifi tersebut sejak di bandara sehingga anda tidak tersesat begitu keluar dari bandara.
  8. Cek ramalan cuaca. Ini berguna agar anda dapat memperkirakan baju-baju yang akan dibawa sehingga tidak salah kostum nantinya. tentunya anda tidak mau memakai pakaian tebal untuk tempat yang ternyata panas dan sebaliknya bukan?
  9. Bawa peralatan pendukung agar tidak lupa mengabadikan momen perjalanan anda, seperti tripod atau tongsis. Tips ini tentunya tidak wajib, hanya sebagai pelengkap liburan bagi anda yang ingin mengabadikan perjalanan anda.

Inti dari tips travelling tanpa tour tersebut adalah persiapan yang cukup sehingga anda tidak kewalahan dan tidak habis waktu di sananya. Apalagi jika anda hendak mengeksplorasi berbagai tempat wisata dalam waktu yang terbatas. Selain itu, berikut saya bagikan suka dan duka dari beberapa perjalanan wisata saya mengunjungi negara-negara yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, tentunya tanpa tour.

Suka dan duka berpergian / travelling tanpa tour

tips travelling tanpa tour

Sukanya yaitu kita sangat puas dengan perjalanan kita. Perjalanan wisata kita terasa sangat berkesan, terutama bagi jiwa petualang. Rasa kepercayaan diri juga meningkat. Selain itu, kita menjadi lebih akrab dengan teman-teman serombongan. Bagaimana tidak? Menghabiskan momen-momen indah menjelajahi negeri asing bersama, menikmati foto-foto dengan bebas, serta semua momen lucu selama perjalanan. Bayangkan jika anda menggunakan open tour dan di bus dengan belasan orang yang tidak dikenal, mungkin jadinya lebih kalem dan kurang bisa tertawa lepas bukan?

Dukanya jika kita tersesat atau salah jalan dan dalam kondisi capek, mungkin kita akan terbawa emosi dan menyalahkan teman lain kurang aware. Ya, di sini emosi kita dilatih juga, terutama karena kita akan menggandeng koper kita dengan berjalan dan transportasi umum. Tentunya berbeda jika kita memakai tour yang kopernya uda langsung aman di bus. Jika teman seperjalanan tidak kompak juga akan menimbulkan crash dalam pengaturan waktu. Maka dari itu dianjurkan untuk berpergian dengan teman-teman yang kompak jika memutuskan untuk self travelling.

Saya sendiri penggemar self travelling tanpa tour dengan berbagai alasan yang sudah disebutkan di atas. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *