Panduan Wisata ke Kawah Ijen dan Fenomena Api Biru

Indonesia mempunyai objek wisata yang sangat menakjubkan. Salah satunya Kawah Ijen, yang merupakan objek wisata dengan sebuah fenomena yang hanya ada dua di dunia dan satu-satunya di Asia.

kawah ijenSaat ini Kawah Ijen menjadi salah satu pendakian dan destinasi wisata yang semakin populer baik bagi wisatawan lokal maupun turis asing. Kawah yang terletak di puncak Gunung Ijen ini berada di perbatasan kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso dari provinsi Jawa Timur. Ketinggiannya 2.443 meter di atas permukaan laut dan berdampingan dengan Gunung Merapi.

Danau kawah ijen ini terkenal sebagai danau air yang sangat asam terbesar di dunia. Salah satu fenomena menarik yang membuat Kawah ini kian populer saat ini adalah fenomena api biru blue fire yang terjadi setiap dini hari pukul 02.00 – 04.00. Pemandangan ini hanya terjadi di 2 tempat di seluruh dunia, yaitu di Islandia dan Kawah Ijen. Fenomena ini berasal dari cairan belerang yang mengalir terus menerus di bawah kawah sehingga menimbulkan pancaran api berwarna biru. Selain itu, pesona lainnya adalah keindahan sunrise yang dapat anda nikmati di pagi hari, dan pemandangan kaldera berwarna hijau toska dari pantulan sinar matahari yang menyinari kawah.

fenomena api biru kawah ijen   sunrise di kawah ijen

Di kawah yang merupakan tempat penambangan belerang terbesar di Indonesia ini, kita juga akan melihat penambangan yang masih dilakukan dengan cara tradisional dimana para penambang berlalu lalang berjalan dengan memikul bekuan belerang yang sudah digali.

penambangan belerang kawah ijen

Rute Perjalanan menuju ke Kawah Gunung Ijen :

Kawah Gunung Ijen pada umumnya dicapai dari 2 arah yaitu dari Banyuwangi atau Bondowoso.

1. Dari jalur Banyuwangi (bisa dari Surabaya / Bali) :

Banyuwangi – Licin – Jambu – Paltuding – Kawah Ijen

– Surabaya ke Banyuwangi : transportasi darat selama 6.5 jam / pesawat / kereta api.
– Banyuwangi ke kecamatan Licin : 15 km, dengan kendaraan roda 2 / 4, selama sekitar 30 menit,
– Licin ke Paltuding : 18 km selama sekitar 1 jam dengan kendaraan jeep

Paltuding ini merupakan pintu masuk ke kawasan Ijen. Dari Paltuding, anda tinggal berjalan kaki sejauh 3 km menuju kawah ijen.

2. Dari jalur Bondowoso : 

Bondowoso – Sempol – Banyupait – Paltuding – Kawah Ijen

– Dari Surabaya ke Bondowoso dengan transportasi darat selama kurang lebih 5 jam (205 km).
– Dari Bondowoso menuju desa Sempol sekitar 1 jam 40 menit (52 km).
– Kemudian dilanjutkan ke desa Banyupait sekitar 14 km
– Desa Banyupait ke Paltuding sekitar 4 km.

Rute ini dapat dilalui kendaraan pribadi karena jalanan lebih mulus dengan total perjalanan darat sekitar 7 jam. Dari Paltuding, berjalan kaki sejauh 3 km menuju ke kawah ijen.

Jalur Pendakian Ijen 

Pendakian dimulai dari Paltuding yang merupakan pos Perhutani di kaki gunung Merapi-Ijen, melewati jalan menanjak ke ketinggian 2.400 meter selama 2-3 jam dengan berjalan santai. Setelah itu, anda akan tiba di bibir kawah dan pemandangan menakjubkan sudah di depan mata. Untuk menuju ke danau, pengunjung harus menuruni tebing bebatuan. Selain ke permukaan danau, pengunjung juga dapat mengelilingi kaldera (yang ini bisa memakan waktu kurang lebih seharian).

Pendakian dari Paltuding ke Kawah Ijen ditutup di atas pukul 14.00 karena pekatnya asap, dimana arah angin cenderung mengarah ke jalur pendakian.

Tips Pendakian / Wisata ke Kawah Ijen :

1. Persiapan barang-barang yang harus dibawa antara lain : jaket tebal (karena suhu sangat dingin, terutama pada malam harinya), masker pelindung, topi, syal leher, sepatu kets, sarung tangan, air minum, senter, dan perlengkapan mendaki.
2. Waktu terbaik untuk memulai pendakian adalah malam harinya sekitar pukul 22.00 sehingga dapat menikmati fenomena api biru pada dini hari dan menyaksikan sunrise pada pagi harinya.
3. Bulan terbaik mendaki kawah ijen adalah pada musim panas yaitu Juli – September karena jalur pendakian akan sangat licin pada musim hujan.
4. Di pos Paltuding terdapat penginapan sederhana jika anda memutuskan untuk memulai pendakian pada pagi – subuh.
5. Jika anda kesulitan dalam mendaki, saat ini ada jasa taxi troli ijen di jalur pendakian, dimana anda akan duduk di sebuah gerobak yang ditarik 2-3 orang yang merupakan penambang di kawah Ijen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *