Itinerary dan Tips liburan ke Taiwan : DIY Trip 10 juta 7D/6N tanpa Backpacker

Kali ini saya mau berbagi pengalaman traveling / liburan saya di Taiwan pada bulan Februari 2019 kemarin. Tentunya ini merupakan pertama kalinya saya ke Taiwan dan seperti biasanya, dengan nekad lebih memilih DIY trip walaupun membawa orang tua saya (sama-sama belum pernah ke Taiwan nih ceritanya), hehehe.. Itinerary liburan ke Taiwan kami mulai dari Taipei, Taichung, sampai Kaohsiung, dengan mengunjungi Sun Moon Lake dan Alishan National Forest. Berikut saya bagi sedikit tips liburan ke Taiwan terutama untuk DIY trip ya, review tempat wisata di Taiwan, dan rekomendasi tempat yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Taiwan.

Persiapan Liburan ke Taiwan untuk DIY Trip

Karena hanya saya sendirian yang muda dan membawa orang tua yang sudah gak mungkin baca maps, maka itinerary kali ini harus well – prepared banget supaya gak nyasar. Biasanya sih masih ada teman-teman lain yang bisa bantu baca petunjuk. Pertama-tama sih cukup deg-degan, takut juga nyasar dan perjalanannya menjadi tidak menyenangkan karena habis waktu buat nyari jalan (tapi syukurlah semua lancar dan puas, hehehe).

Jadi bagaimana cara planning itinerary ke Taiwan ini agar perjalanan terencana dengan baik? Well, seperti yang sudah disebut, saya juga belum pernah ke Taiwan sama sekali, malahan jadi tour leader buat orang tua saya nih.. hehehe.. Tentunya juga bukan hanya ke 1 kota, tetapi menjelajahi Taiwan dari utara sampai selatan, yaitu kota Taipei, Taichung, Chiayi dan Kaohsiung.

Cara menyusun Itinerary ke Taiwan

So, cara mempersiapkan itinerary : Pertama, search dulu destinasi-destinasi yang mau dikunjungi, lokasinya di kota mana saja. Buat daftar destinasi per kota, misalnya di Taipei akan mengunjungi Taipei 101, Yehliu Geopark, Shilin Food Market, Danshui, dan sebagainya. Buat top list dahulu, nanti baru selipkan destinasi lainnya jika waktu mencukupi. Setelah itu, cari informasi berapa lama perjalanan antar kota, dengan transportasi apa. Kalau di Taiwan, bisa menggunakan train biasa (lebih murah dan lebih lama) ataupun HSR (High Speed Train). Saya sendiri naik kereta yang biasa saja karena waktu masih mencukupi. Jika langsung dari Taipei ke Kaohsiung mungkin lebih baik naik HSR karena jarak tempuhnya cukup lumayan.

Jadi setelah mengetahui lama perjalanan antar kota, dan tempat-tempat mana saja yang mau dikunjungi per kotanya, barulah dibuat rencana itinerary harian, seperti hari pertama mau mengunjungi mana saja, hari kedua kemana. Tips nya, anda harus cari tahu rute yang cukup searah sehingga tidak bolak balik dan habis waktu untuk perjalanan. Saya mengelompokkan yang di luar kota menjadi seharian dan dalam kota seharian ketika di Taipei.

Jangan lupa juga mencari mode transportasi antar objek wisata yang anda kunjungi terlebih dahulu, misalnya naik MRT / bus / train. Naik bus nomor berapa, dan sebagainya, untuk memudahkan anda tidka terlalu sibuk mencari informasi di hari H.

Itinerary Taiwan DIY Trip 7D/6N : Taipei, JiuFen, Taichung (Sun Moon Lake), Chiayi (Alishan National Park), Kaohsiung (Fo Guang Shan)

Berikut itinerary perjalanan / liburan saya ke Taiwan :

H-1 : Taipei

Tiba di Taipei dengan pesawat Scoot Airlines pada pagi harinya sekitar jam 7, maka kami punya waktu yang banyak untuk menjelajahi ibukota Taiwan tersebut. Jadi kami pun bergegas menuju hotel, check in, dan sarapan, kemudian mengunjungi Chiang Kai Shek Memorial Hall, dilanjutin Taipei 101 (landmark kota Taipei). Bangunan bawah dari Taipei 101 ini juga merupakan mall yang besar dan banyak kuliner yang dapat dijajaki. Tidak lupa kami mencoba Din Tai Fung (Taiwan merupakan negara asal restoran Din Tai Fung) yang mengharuskan kami mengantri 1 jam lebih. Setelah menyelesaikan kuliner di Taipei 101, kami pun pergi ke Danshui / Tamsui dengan MRT yang dilanjutin bus menuju Dan Shui / Tamsui Fisherman’s wharf.

tamsui fisherman wharf

H-2 : New Taipei

Perjalanan hari kedua dilanjutkan di luar kotanya Taipei yaitu kawasan New Taipei yang letaknya lebih utara dari Taipei (naik bus sekitar 2 jam). Mengunjungi Yehliu Geopark dengan pantai bebatuan uniknya kemudian dilanjutkan ke Jiu Fen Old Street yang letaknya juga hampir 2 jam dari Yehliu. Rencana awal yang juga mengunjungi Shifen batal karena keterbatasan waktu. Maklum ya, banyak foto-fotonya juga, hehe..

H-3 : Taipei – Taichung

Paginya mengunjungi Yang Ming Shan National Park. YangMingShan National Park ini mempunyai cukup banyak area pemberhentian, seperti taman tempat melihat sakura dan bunga-bunga yang bermekaran, pemandian air panas, padang rumput hijau, pedesaan kuno, dan berbagai rute pendakian.
Setelah dari Yangmingshan, kami menaiki kereta menuju kota selanjutnya yaitu Taichung. Tujuan ke Taichung ini adalah untuk mengunjungi Sun Moon Lake yang terletak sekitar 1.5 jam dengan bus dari kota Tai Chung. Malam harinya mengunjungi night market di Taichung yaitu Fengchia Night Market.

H-4 : Taichung – Sun Moon Lake – Chiayi

Mengunjungi Sun Moon Lake sekitar setengah hari, kembali ke Taichung dan pindah kota lagi ke Chiayi untuk pergi ke Alishan National Park. Malam harinya kuliner di Chiayi Night Market yang letaknya sekitar 10 menit berjalan kaki dari hotel.

sun moon lake

H-5 : Chiayi – Alishan National Park – Kaohsiung

Pagi-pagi dengan bus langsung menuju ke Alishan, menghabiskan waktu kira-kira setengah hari, kembali ke Chiayi untuk menuju Kaohsiung dengan kereta. Malam harinya mengunjungi Liuhe night market di Kaohsiung.

H-6 : Fo Guang Shan

Mengunjungi Fo Guang Shan yang letaknya sekitar 1 jam perjalanan dari Kaohsiung dengan taksi (kalau dengan bus sekitar 2 jam) dan menghabiskan waktu seharian. Benar-benar harus menghabiskan waktu seharian disini karena sangat luas dan kebetulan ada night lantern festival pada bulan Februari tersebut (pasca Chinese New Year).

Fo Guang Shan

H-7 : Kaohsiung – Airport

Pagi harinya mengunjungi Lotus Pond di Kaohsiung dan Dragon Tiger Pagoda. Setelahnya, kembali ke hotel untuk check out dan segera ke airport pada sore harinya untuk penerbangan ke Singapore.

Total waktu perjalanan liburan tersebut adalah 7 hari di Taiwan + 1 hari di Singapore + 2 hari pesawat. Memang sengaja sih transit ke Singapore untuk jalan-jalan lagi di kota singa tersebut.

Rekomendasi Destinasi / Tempat Wisata di Taiwan

Sungguh menyenangkan jika mendengar orang-orang yang pergi dengan kita itu puas dengan perjalanannya. Meskipun sangat melelahnya dan tiada hari tanpa bangun pagi dan pulang malam, namun ternyata mereka merasa lebih puas daripada ikut paket tur biasanya. Kalau ikutan paket tur mungkin bisa menginap di hotel yang lebih bagus dan perjalanan lebih santai karena begitu keluar hotel pasti langsung naik bus. Sedangkan DIY trip kali ini penuh dengan jalan kaki, naik transportasi umum, dan hotelnya juga tidak semewah bintang 4 atau bintang 5 seperti yang ditawarkan paket wisata. Sedangkan kami menginap di berbagai variasi hotel mulai dari bintang 2 s/d bintang 4 (tergantung harganya), namun perjalanan terasa lebih memuaskan karena kita bebas menentukan tempat yang akan dikunjungi, berapa waktu waktu di satu tempat dan juga tidak menghabiskan waktu di tempat-tempat yang tidak begitu penting seperti shopping stop. Kami bahkan menghabiskan waktu seharian di tempat yang kami anggap menarik.

Berikut highlight tempat wisata dari perjalanan / liburan ke Taiwan tersebut : Yehliu Geopark, Jiufen, Taipei 101, Danshui, Yangmingshan, Sun Moon Lake, Alishan, Fo Guang Shan, Dragon Tiger Pagoda.

Destinasi yang paling recommended di Taiwan ?

Bisa dibilang dari 8 highlight destinasi tersebut, semuanya wajib dikunjungi ! Sayangnya pada saat mengunjungi Jiufen tidak sempat mengunjungi Ah Mei Tea House yang menjadi populer karena film animasi Jepang Spirited Away, padahal itu spot utama dari JiuFen tersebut. Kenapa? Timingnya benaran gak pas banget, karena bersamaan dengan rombongan wisatawan Jepang yang gak tau kenapa super padat pake banget dhe! Alhasil, lorong jalan menuju Ah Mei Tea House tersebut sangat macettt…. Mau jalan pun susah banget, apalagi untuk ke spot tersebut harus turun tangga. Terakhir, kita memutuskan untuk tidak kesana karena sangat-sangat padat dan waktu juga sudah malam, harus catch up dengan bus lagi yang membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk balik ke kota Taipei.

ahmei teahouse

Yehliu juga wajib dikunjungi jika pergi ke Taipei karena bebatuannya yang unik. Tempat itu juga menghadap ke laut lepas sehingga pemandangannya juga keren abis.

yehliu geopark wisata taiwan

Tentunya destinasi yang tidak boleh ketinggalanan adalah destinasi yang merupakan tujuan utama kita berlibur ke Taiwan yaitu Fo Guang Shan. Di Fo Guang Shan ini sendiri sebenarnya ada 2 area. Namun, area yang satunya lebih jarang dikunjungi wisatawan karena merupakan tempat ibadahnya. Sedangkan untuk area Fo Guang Shan Buddha Museum tentunya lebih ramai, terdapat toko-toko yang berjualan, tempat makan, dan tentunya banyak spot foto-foto. Arsitektur di Fo Guang Shan ini sangat keren dan modern. Kami pun terpukau dengan keindahan berbagai patung Buddha dan ukiran / lukisan di dinding dalam vihara tersebut.

Rekomendasi akomodasi di Taiwan

Sekilas mengenai akomodasi kami selama berlibur di Taiwan :

  • Taipei : Oursinn Hotel (bintang 3).
    Lokasinya berada di lantai atas sebuah gedung gitu. Kamarnya cukup nyaman dan bersih walaupun agak kecil. Jarak ke MRT sekitar 15-20 menit berjalan kaki. Overall, cukup baik sih.
  • Taichung : Chance Hotel Taichung (bintang 3).
    Lokasi dekat banget dengan station jadi tinggal nyebrang gitu, jalan kaki sekitar 5 menit aja. Kamar cukup bersih dan standar, not bad deh. Recommended juga buat yang nyari budget hotel yang cukup nyaman. Oh ya, resepsionisnya juga ramah banget, sampai repot-repot ngasi penjelasan cara terbaik ke Alishan, naik bus jam berapa dan bagaimana rute disana gitu.
  • Chiayi : Chiayi King (bintang 4).
    Nah, ini recommended banget untuk perbandingan harga dan kualitasnya. Kamarnya besar dan bersih serta cukup dekat dengan station.
  • Kaohsiung : Nice Hotel, ditulis sih bintang 3, tapi kok rasanya kayak bintang 2 sih.
    Personal review sih kurang memuaskan yah. Kamar kecil dan agak tua gitu. Tempat tidur juga kayak tempat kost. For me personally, gak yang kedua kali deh, walaupun dekat banget dengan MRT / Kaohsiung station.

So guys, sekian sharing singkat mengenai liburan ke Taiwan bersama keluarga pada bulan Februari kemarin. Everything just goes well and fun! Semoga artikel ‘ tips liburan ke Taiwan ‘ ini bermanfaat sebagai referensi teman-teman yang hendak liburan ke Taiwan yaa..

 

Kata kunci pencarian :

– Liburan ke Taiwan
– Tips liburan ke Taiwan
– Tips DIY trip ke Taiwan
– Biaya liburan ke Taiwan
– Itinerary Taiwan DIY trip
– Rekomendasi akomodasi di Taiwan
– Destinasi wajib saat berlibur ke Taiwan
– Rekomendasi tempat wisata Taiwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *