Daya Tarik dan Panduan Wisata Labuan Bajo : Surga Flores

Labuan Bajo yang terletak di paling barat dari Pulau Flores menyimpan sejumlah keindahan yang sangat sudah dideskripsikan dengan kata-kata. Tempat ini merupakan surganya para petualang tentunya dengan berbagai macam objek wisata yang dapat dijelajahi. Yuk eksplor wisata Labuan Bajo yang saat ini cukup banyak diminati.

Cara Pergi ke Labuan Bajo :

Labuan  bajo dapat dicapai baik melalui udara, darat, dan laut. Namun, cara tercepat adalah via udara melalui penerbangan pesawat Transnusa yang menghubungkan Labuan Bajo dengan beberapa kota di Indonesia yaitu Denpasar (Bali), Kupang, Mataram, dan Ende.

Pada umumnya, akses ke Labuan Bajo via udara dari Bali yang memiliki 3-5 penerbangan setiap harinya.

Berikut objek wisata yang menarik di Labuan Bajo yang harus dikunjungi :
1. Taman Nasional Komodo

Daya tarik yang paling populer di kawasan ini adalah Taman Nasional Komodo yang masuk dalam warisan dunia UNESCO sebagai habitatnya binatang komodo yang langka. Taman nasional ini terdiri dari 3 pulau utama yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar, dengan banyak pulau-pulau kecil di sekelilingnya. Di Taman nasional ini hidup sekitar 2500 ekor komodo dengan panjang yang bisa mencapai 3 meter dan berat yang bisa mencapai 90 kg.

Panorama di ketiga pulau komodo juga menakjubkan, mulai dari pantai yang indah dengan pasir putih dan air laut yang biru, batu karang yang indah, hutan bakau, dan padang rumput savana. Di sini juga para wisatawan dapat melakukan aktivitas snorkeling dan diving (menyelam) dengan pemandangan bawah laut yang sangat menakjubkan.

Jangan lupa juga mengunjungi Pulau Padar yang menawarkan keindahan alam yang sangat memukau jika anda mendaki sampai ke puncaknya, lebih kurang 30 menit dengan jalan yang cukup terjal.

Pulau Padar

Dari Labuan Bajo menuju Taman nasional Pulau Komodo :

Dari airport Labuan Bajo dilanjukan dengan perjalanan darat dengan kendaraan sekitar 10 menit menuju pelabuhan. Dari pelabuhan, naik speedboat langsung ke pulau-pulau yang dikehendaki (P. Komodo , P. Padar, P. Rinca).

taman nasional komodo

2. Pantai Merah (Pink Beach)

Pink Beach (Pantai Merah) yang terletak di Pulau Komodo ini merupakan salah satunya dari hanya 7 pink beach di dunia. Warna pink ini berasal dari binatang mikroskopi Foraminifera yang menghasilkan pigmen merah pada terumbu karang sehingga ketika bercampur dengan pasir putih akan menghasilkan warna merah muda di sepanjang garis pantai.

Pantai Merah NTT

3. Pulau Kanawa

Pulau yang terletak 15 km dari pusat Labuan Bajo ini juga merupakan surganya para pecinta alam dan lautan, dengan pasir seputih susu, air yang berwarna hijau toska, terumbu karang yang indah, serta ikan berwarna warni di dalam lautnya. Tentunya snorkeling menjadi aktivitas wajib di pulau ini. Di Pulau Kanawa ini juga mempunyai beberapa penginapan berfasilitas resort dengan harga yang sangat terjangkau bagi para backpacker.

Pulau Kanawa Labuan Bajo

4. Goa Batu Cermin

Tidak jauh dari pusat kota Labuan Bajo dengan perjalanan sekitar 15-20 menit dengan mobil, anda dapat menemukan goa alam dengan stalagmit dan stalaktit yang indah. Anda akan menemukan beberapa macam fosil seperti fosil penyu dan biota-biota laut di dalam goa ini. Di sekitar goa tersebut juga merupakan hutan yang dihuni oleh kera ekor panjang dan babi hutan liar.

goa batu cermin

5. Manta Point / Karang Makassar

Manta Point atau dikenal dengan nama Karang Makassar ini merupakan spot untuk snorkling dan diving paling populer dan paling direkomendasikan, yang juga merupakan suaka dari ikan pari manta, dimana penyelam akan bertemu dengan beragam ikan-ikan raksasa yang tidak berbahaya ini di dalamnya. Beragam terumbu karang yang indah juga dapat ditemui mulai dari kedalaman 2 meter sampai 9 meter. Anda juga akan melihat bermacam-macam biota laut, penyu laut, ikan hiu, ikan pari elang, sotong, kerang-kerang berukuran besar, dan lain-lainnya pada saat snorkeling. Diving dan snorkeling di spot ini akan memberikan pengalaman yang sangat berkesan dan menakjubkan.

Manta point karang makassar

Tips Perjalanan ke Labuan Bajo :
  • Labuan Bajo menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, namun perjalanan wisata ke sini lebih cocok bagi wisatawan tipe petualang, karena daya tarik di tempat ini sebagian besar adalah aktivitas laut (snorkling dan diving), serta hiking / Trekking untuk dapat menikmati pemandangan yang fantastis tersebut.
  • Anda dapat memasukkan agenda perjalanan ke Labuan Bajo ini sebagai tambahan dari wisata ke Bali karena dapat dijelajahi dalam 1 hari (mulai dari pagi), kecuali jika anda ingin bersantai dengan aktivitas-aktivitas snorkling/diving di kawasan ini. Untuk wisata dalam 1 hari, disarankan untuk sampai di Labuan Bajo semalam sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *